Jumat, 08 Jul 2022 21:02 WIB
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220708191038-532-819240/dirjen-pajak-lantik-1175-orang-pejabat-pengawas

Jakarta, CNN Indonesia — Direktur Jenderal¬†Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suryo Utomo melantik 1.175 orang pejabat pengawas secara luring dan daring di Auditorium Chakti Buddhi Bhakti, Jakarta.

“Saya Direktur Jenderal Pajak dengan ini secara resmi melantik saudara pada jabatan yang bersangkutan. Saya percaya bahwa saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” demikian bunyi penggalan naskah pelantikan yang dibacakan oleh Suryo Utomo, mengutip Antara, Jumat (8/7).

Dalam pelantikan itu ia berpesan adanya mutasi, promosi dan rotasi di DJP merupakan salah satu upaya untuk menjaga stabilitas organisasi dan tidak bisa dihindari.

“Apalagi jika teman-teman semua melihat dari Sabang sampai Merauke, kita memiliki sekian banyak kantor yang harus diisi oleh pegawai DJP, namun kami juga selalu berpikir bagaimana membuat mutasi dan promosi dapat dirasakan lebih berkeadilan,” imbuhnya.

Menurutnya, mutasi dalam DJP merupakan bagian dari dari reformasi perpajakan yang tidak hanya tentang administrasi, tapi juga sumber daya manusia, melalui penjagaan struktur kepegawaian yang ada di DJP.

“Pola mutasi akan terus dikalibrasi karena ke depan akan dilakukan sistem fungsionali. Fungsi administrasi akan dijalankan oleh sistem, sedangkan SDM akan diarahkan pada fungsi pengawasan dan pemeriksaan yang bekerja di dalam sistem,” katanya.

Suryo mengingatkan kepada para pegawai agar mengisi sistem informasi keuangan dan kepegawaian dengan benar, sehingga dapat merepresentasikan diri masing-masing. Hal tersebut berguna untuk penentu kebijakan terkait dengan pegawai ke depannya.

Pasalnya, tugas dan jabatan akan ditentukan dan dicocokkan dengan kompetensi masing-masing pegawai. Sebagai pimpinan unit terkecil di DJP, Suryo meminta para pejabat pengawas untuk menjadikan dirinya sebagai contoh atau role model dalam segala hal baik.

Dalam reformasi perpajakan, kepala seksi, supervisor, atau pimpinan unit terkecil lainnya akan menjadi leader perubahan di DJP. Untuk itu, pejabat pengawas bisa menjaga integritas dan menjaga diri dari perbuatan tercela.

Adapun Suryo juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pegawai DJP atas selesainya Program Pengungkapan Sukarela (PPS) pada Juni lalu dengan hasil yang sesuai diharapkan.